Jumat, 07 Oktober 2011

pendobrak revolusi personal komputer

Metrotvnews.com, New York: Apple Computer, yang saat ini dikenal dengan Apple Inc., merupakan kekuatan utama dalam revolusi personal computer atau PC yang berlangsung pada tahun 70-an hingga 80-an. Revolusi tersebut berjalan terus berkat inovasi yang tiada henti dari pengembang Apple: Steve Jobs. Apple Inc. dibangun Jobs lewat jalan berliku dan proses jatuh bangun.

Setelah berkutat di dalam garasinya bersama Steve Wozniak, duo Steve yang hobi mengutak-atik komputer mulai mengawali kerajaan tekonologi komputer mereka. Diawali dengan pembuatan logo pertama Apple Computer yang dibuat oleh Ronald Wayne. Pada 1976 logo buatan Rob Janoff menggantikan logo lama. Logo bertema apel benuansa pelangi ini digunakan hingga 1998.

Tahun 1976 merupakan awal perancanagn Apple 1, Apple One, merupakan awal komputer pribadi. Bisa dibilang ini nenek moyangnya semua komputer Apple. Komputer ini dirancang secara hand made oleh Steve Wozniak. Steve Jobs yang menjadi penjualan komputer itu.

Produk yang menggunakan kayu sebagai casingnya itu pertama kali diperlihatkan ke publik pada April 1976 di California. Produk itu mulai dijual pada Juli 1976 denga harga 666,66 dollar Amerika Serikat.

Apple two diluncurkan pada April 1977 dan telah di up grade dengan menggunkan casing dari bahan metal. Menghadapi meningkatnya kompetisi dari perusahaan komputer lainya, duo Steve meluncurkan produk Apple three.

Produk semakin berkembang dengan peluncuran Xerox Parc dan Lisa/Mac 128k/Mac two yang ditambahi floopy disc atau disket serta memakai hard disk dan color video. Maccintosh color classic merupakan komputer pertama Apple yang layarnya berwarna dan dilengkapi smiley icon.

Tahun 1989, Mac portabel dirilis. Nenek moyang Mac book ini dijual seharga 600 dollar AS denga berat enam kilogram dan baterai bisa bertahan sampai 10 jam.

Dari Mac portabel inilah kemudian berkembang Imac dan Mac mini serta revoulsi Mac terbaru adalah Mac book air yang disebut sebagi komputer tertipis di dunia dan seberat 1,5 kg. Dengan ketebalan depan 0,1 6 inch dan belakang 0,76 inch.

Pengembang Apple Inc. terus berinovasi menciptakan produk sensasional, seperti iPod Classic, iPod Nano, iPod Shuffle, alat canggih yang dapat menyamai iPod Touch, iPhone dan iPad. Inilah rangkaian produk yang kemudian digemari para pecinta gadget saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar